Cara Mendaftar

Sebagaimana di tuangkan didalam PDPBRI (Peraturan Dana Pensiun Bank Rakyat Indonesia) Pasal 15 mengenai Tata Cara Menjadi Peserta,

  1. Pekerja yang hendak menjadi Peserta harus mengajukan permohonan secara tertulis kepada Pendiri (Bank Rakyat Indonesia) tentang :
    • Keinginan yang bersangkutan untuk menjadi Peserta
    • Keterangan bahwa yang bersangkutan mengetahui dan setuju untuk mematuhi Peraturan beserta segala perubahannya
    • Kesediaannya untuk dipotong iuran pensiun dan penghasilannya setiap bulan yang diperoleh dari Pemberi Kerja
    • Kesediaanya untuk memenuhi kewajiban-kewajiban lainnya selaku Peserta sesuai Peraturan

2. Tindasan surat persetujuan Pendiri disertai copy permohonan Pekerja untuk menjadi Peserta disampaikan oleh Pendiri kepada Dana Pensiun untuk dicatat.

3. Atas dasar persetujuan seperti tersebut dalam ayat (2) Pasal ini, kepada setiap Peserta diberikan tanda bukti Peserta dari Dana Pensiun dan untuk penerimaannya Peserta menyerahkan tanda penerimaan.

4. Pekerja mulai menjadi Peserta sejak tanggal diterima menjadi Peserta dan berakhir pada saat Pekerja meninggal dunia atau berhenti bekerja dan telah mengalihkan haknya ke Dana Pensiun lain.

5. Pekerja yang telah tercatat sebagai peserta Peserta tidak dapat mengundurkan diri apabila ia masih memenuhi syarat kepesertaan, demikian juga Peserta tidak dapat menuntut haknya dari Dana Pensiun sebelum memenuhi syarat untuk memperoleh Manfaat Pensiun sesuai peraturan.